Untuk Cegah Macet Saat Mudik Lebaran, Menhub: Kecenderungan Gunakan One Way

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan peluang skema satu arah (one way) dipakai untuk mengurai kemacetan waktu mudik Lebaran 2019. Jurus untuk mengurai kemacetan akan ditetapkan dalam tempo dekat.

“Ada 2 pilihan, kita pakai ganjil-genap atau satu arah. Dari pelajari yang ada, kita punyai cenderung untuk memakai satu arah. Minggu ini atau awal minggu kedepan kita putuskan memakai yang mana. Kelak sesudah ditetapkan karena itu kita akan sosialisasikan,” tutur kapal pelni Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Budi menjelaskan pola one way akan diawali dari Km 29 Jalan Tol Cikampek sampai Km 262 atau Brebes. Nanti, jalan Pantura akan digunakan kendaraan yang berjalan mengarah barat sepanjang mudik.

“Saat ini itu kita dari mulai Km 29 sampai Km 262 sampai ke Brebes itu satu arah. Mereka satu arah mengarah timur. Yang dari barat ke timur melalui Pantura. Ini yang diharapkan Presiden agar jalan Pantura itu diutilisasikan,” kata Budi.

Berkaitan terdapatnya aduan masalah mahalnya tiket pesawat hingga pemudik lebih pilih jalan darat, Budi telah mengantisipasinya. Tetapi dia yakini tidak berlangsung penurunan penumpang pesawat dengan relevan waktu mudik.

“Kita memang sebetulnya tidak lihat begitu kesana. Sebab kalau turun, pesawat itu tidak kebanyakan. Sebab sampai kini malah okupansi dekati 100 %, jadi turunnya paling 5 %. Tetapi itu telah kita mengantisipasi,” tutur Budi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *